Laman

Senin, 09 Januari 2017

Mengatasi Rasa Takut Gagal

Tiap manusia pasti pernah merasakan rasa takut. Takut terhadap hewan tertentu, takut berbicara di depan umum, atau mungkin juga takut gagal. Takut gagal, mungkin tidak sedikit orang yang pernah merasakannya. Gagal termasuk salah satu peristiwa yang tidak mengenakkan sehingga tentu tak ada yang ingin merasakannya.

Takut akan sesuatu merupakan hal yang wajar, termasuk takut terhadap kegagalan. Namun, takut gagal dapat menimbulkan efek samping yang tidak bagus. Karena takut gagal, kita menjadi takut mencoba. Takut mencoba, berarti kalah sebelum berperang dan rasa sesal karena tidak mencoba pun akhirnya akan hadir belakangan. Lalu karena takut gagal, kita pun bisa menjadi khawatir berlebihan. Kekhawatiran pun menjadi sugesti yang akan semakin menguatkan hasil akhir yang gagal karena pikiran kita terus menerus memikirkan hal-hal negatif.

Lalu bagaimana caranya kita mengatasi rasa takut gagal? Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan.

Yang pertama, jika kita takut gagal sehingga takut mencoba, pikirkanlah bahwa penyesalan karena tidak mencoba lebih menyakitkan daripada kegagalan itu sendiri sehingga rasa berani untuk mencoba lebih besar dibanding rasa takut gagal.

Yang kedua, jika kita takut gagal sehingga khawatir berlebihan, pahamilah bahwa keberhasilan dan kegagalan ada di luar kendali kita, tugas kita hanyalah berusaha sebaik mungkin semampu kita. Jika ikhtiar telah kita lakukan maka selanjutnya tawakkal dan berdoa kita jalankan, karena Allah yang akan tentukan hasil akhirnya. Lalu apapun hasil yang keluar, yakinilah bahwa memang itulah yang terbaik untuk kita menurut Allah karena Dia Maha Pengasih dan Maha Penyayang yang tentunya tak menginginkan keburukan terjadi pada hamba-Nya.

Demikian beberapa tips untuk mengatasi rasa takut gagal. Semoga bermanfaat. Kalau ada tips-tips lain yang belum disebutkan di sini, share di komentar ya!

2 komentar:

  1. Iya semua kembalikan lagi kepada Kita selagi kita bisa berusaha maka Allah akan memberikan kemudahan dalam usaha kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap mas 👍🏻
      Trimakasih dah mampir :D

      Hapus